AniMangaIndustri

Dibalik Crunchyroll yang Sukses, Dahulunya Adalah Ilegal!

Haii minna….. Apa kabar? Kali ini admin akan membahas sedikit tentang sejarah dibaliknya kesuksesan Crunchyroll, yang ternyata adalah ilegal saat awal berdiri.

Hal yang harus kamu tahu! Admin tidak bermaksud untuk menjelekkan pihak manapun. Di sini admin hanya mengulas sedikit sejarah berdirinya Crunchyroll.

Awal Mula Crunchyroll

Hal ini dimulai saat seorang mahasiswa sedang memikirkan sesuatu, hal yang cocok untuk dirinya.

Mengingat dirinya suka sekali dengan anime, musik dan juga game, ia memiliki ide untuk membuat suatu website agar mempermudah ia membagikan video ke teman-temannya. Siapakah ia?

Ia adalah Kun Gao, yang membuat situs Crunchyroll pada tahun 2006 silam. Pada masa itu, fitur di situs Crunchyroll sangat mirip seperti Youtube saat ini.

Ia juga mengajak teman-temannya untuk membuat Crunchyroll. Salah satu temannya yang terungkap adalah Vu Nguyen.

Kun Gao menggunakan panggilan “Shinji” di laman situs Crunchyroll.

Sebelum menjadi legal, situs Crunchyroll diisi dengan konten video anime, drama korea, drama jepang, musik, game yang diunggah oleh para member Crunchyroll.

Laman Crunchyroll tahun 2006
Halaman situs Crunchyroll tahun 2006 via Wayback Machine

Biografi Pendiri

Tidak banyak mengenai biografi dari sang pendiri. Melalui laman media LinkedIn, Kun Gao pernah menempuh pendidikan di Universitas California, Berkeley pada tahun 2000-2004 dan Universitas Carnegie Mellon pada tahun 2004-2006, mengambil jurusan Sains Komputer.

Kun Gao membangun situs Crunchyroll di kamarnya bersama teman-temannya.

Kamar yang digunakan untuk membangun situs Crunchyroll
Kamar yang digunakan untuk membangun situs Crunchyroll

Situs Crunchyroll berkembang pesat selama 1 tahun terakhir. Mereka juga tidak tahu dan awalnya tidak menginginkan Crunchyroll berkembang seperti sekarang.

Sampai pada akhirnya, situs Crunchyroll menjadi ladang oleh fansubber untuk mengunggah anime dengan subtitle mereka sendiri.

Crunchyroll besar berkat bantuan secara tidak langsung dari forum-forum diantaranya Animenfo, AnimeSuki dan grup-grup fansub.

Crunchyroll Mendapat Investasi

Pada tahun 2007, Crunchyroll menyebutkan bahwa dirinya menjadi salah satu komunitas terbesar dengan pertumbuhan organik pengguna aktif lebih dari 50 juta. Namun sebenarnya mereka hanyalah membual.

Venrock, perusahaan modal venture Amerika Serikat, menginvestasikan dana ke Crunchyroll sebesar USD 4,05 Juta atau sekitar 59 Miliar Rupiah pada pertengahan 2007 akibat mendengar situs Crunchyroll yang berkembang pesat dengan pertumbuhan 4 juta pengunjung unik dan 50 juta trafik per bulan.

Pada tahun 2008, Crunchyroll mendapatkan investasi baru dari Studio Gonzo dan menerima dana sebesar USD 2 juta.

Mereka juga tidak tanggung-tanggung dan langsung menawarkan konten The Tower of Druaga: The Aegis of Uruk dan Blassreiter secara simulcast di bulan April 2008. Ini adalah simulcast pertama dari Crunchyroll.

Simulcast adalah sistem penayangan episode baru dari anime, secara mingguan atau yang biasa kita sebut ongoing.

Saat itu studio Gonzo belum mengerti perihal bisnis dan lisensi digital.

Tidak hanya itu, Crunchyroll juga memonetisasi situsnya dengan iklan banner seperti Google Adsense.

Dana investiasi dan keuntungan yang diperoleh hanya digunakan untuk Crunchyroll saja. Mereka tidak peduli dengan orang-orang yang mengunggah konten video ke situs mereka. Bahkan dana tersebut digunakan untuk mempromosikan Crunchyroll.

Mendengar hal ini, Funimation dan Bandai Entertaiment mengkritik atas kegiatan ilegal yang Crunchyroll lakukan.

Transformasi Crunchyroll

Pada akhirnya di tahun 2009, Crunchyroll mengubah total sistem mereka dan beralih menjadi situs legal.

Pada tahun itu Crunchyroll dan TV Tokyo resmi bermitra untuk mendistribusikan anime secara legal. Crunchyroll juga mendapatkan izin penayangan resmi anime Narutio Shippuden dibawah lisensi TV Tokyo.

Crunchyroll menyatakan bahwa mereka akan berkomitmen untuk menghapus semua konten yang melanggar hak cipta dari situsnya dan mengisi konten yang memiliki izin distribusi berlisensi sah.

Mulai saat itu Crunchyroll hanya fokus di industri animasi Jepang.

Crunchyroll Dari Masa ke Masa

Admin sudah merangkum semua perjalanan Crunchyroll dari masa ke masa.

Akhir Kata

Cara yang unik bagi Crunchyroll untuk memulai bisnis baru dengan cara yang sangat, sangat, sangat beresiko tinggi. Crunchyroll begitu hoki bisa mendapatkan investasi di saat mereka masih ilegal.

Bagaimana pendapatmu tentang Crunchyroll? Sekian dari admin {*≧∀≦} dan sampai jumpa di postingan selanjutnya.

Sumber: Academia Edu, Wayback Machine, ANN, Wikipedia

Admin-desu

Yang nulis ini itu. Suka aktif di Instagram. Jangan lupa follow IG @podiumanime_

Artikel terkait

Back to top button